Rabu, 15 September 2010

MEWASPADAI ANCAMAN DARAH RENDAH

Mewaspadai Ancaman Darah Rendah Serba terlalu, itu pasti tidak baik. Demikian juga untuk tekanan darah. Terlalu rendah maupun terlalu tinggi buruk bagi kesehatan. Namun selama ini fokus perhatian kita tertuju pada tekanan darah tinggi.

Sehatkah Anda jika tekanan darah terlalu rendah? Tekanan darah terlalu rendah dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Tekanan darah rendah bisa jadi merupakan indikasi serius kerusakan jantung, endokrin, atau saraf.

Tekanan darah terlalu rendah juga dapat menyebabkan otak dan organ-organ tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi penting. Akibatnya, tubuh bisa SYOK dan mungkin MENGAKIBATKAN KEMATIAN. Jika Anda penderita tekanan darah rendah, hindari hal-hal tak diinginkan itu dengan:

Minum banyak air putih, kurangi alkohol Alkohol, meskipun ANda cuma minum sedikit saja, sifatnya membuat tubuh jadi dehidrasi. Akibat dehidrasi, tekanan darah menurun. Air mencegah dehidrasi dan meningkatkan volume darah.

Ikuti diet gizi seimbang Dapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan mengonsumsi berbagai variasi makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, sayur-mayur, daging, ikan dan ayam. Lakukan pelan-pelan Anda dapat mengurangi rasa pening dan ringan yang terjadi karena darah rendah, ketika berpindah posisi dari posisi tidur ke berdiri. Jangan langsung bangkit dari tempat tidur di pagi hari, bernapas dalamlah selama beberapa menit dan pelan-pelan duduk sebelum berdiri.

Tidurlah dengan posisi kepala diganjal bantal, sehingga terangkat sedikit untuk memerangi efek gravitasi. Jika Anda mendapatkan gejala pening ketika berdiri, silangkan paha seperti gunting dan remas. Atau letakkan satu kaki di atas kursi dan condongkan tubuh sejauh mungkin. Tindakan ini untuk mendorong darah mengalir dari kaki ke jantung. Batasi karbohidrat Agar tekanan darah tidak turun tajam setelah makan, makanlah dalam porsi kecil tetapi sering. Batasi makanan berkarbohidrat tinggi seperti kentang, nasi, pasta dan roti. Minumlah kopi dan teh untuk meningkatkan tekanan darah secara temporer. Namun, hati-hati dengan kafein dalam kopi. Tanyakan lebih dulu kepada dokter keluarga Anda sebelum rajin minum kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar